wisata lombok
LIBURAN,  LOMBOK,  TRAVELING,  WISATA

Rekomendasi Wisata Lombok yang Cocok Bagi Para Petualang

Wisata Lombok Terbaik bagi kamu yang suka berpetualang

Traveling – Petualang dan travelers sejati selalu ingin menjelajahi Wisata Lombok dan tempat-tempat baru, melakukan berbagai kegiatan menantang demi mendapakan pengalaman tak terlupakan. Karena butuh waktu cukup panjang, tak bisa satu atau dua hari liburan maka kebanyakan orang akan melakukan kegiatan tersebut saat musim liburan atau cuti bekerja. Jika bepergian di Bali, Jogja, Semarang, Surabaya sudah terlalu membosankan maka cobalah sensasi wisata Lombok. Lokasinya berada di Nusa Tenggara Barat dimana merupakan daerah yang belum terlalu padat penduduk. Di dalamnya didominasi oleh destinasi wisata alam serta kebudayaan tradisional sehingga cocok sekali bagi Anda yang punya jiwa petualang sejati.

Apa yang Menarik dari Lombok?

Kota kecil yang satu ini seringkali menjadi tujuan liburan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia selain Bali. Mereka biasanya akan mengambil paket wisata double yaitu mengunjungi Pulau Bali sekaligus Lombok karena jaraknya berdekatan, hanya dipisahkan oleh sebuah selat kecil saja. Jadi nantinya Anda akan naik kapal ferry atau jenis lain untuk menyebrang selama kurang lebih 30 menitan saja. Apa saja hal menarik dari wisata Lombok?

Bagi yang tak terlalu paham betul mengenai Provinsi NTB maka menganggap kalau disana tak punya lokasi menarik. Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayahnya berupa padang rumput seperti sabana dan stepa panas menyengat. Pendapat tersebut salah besar karena Lombok punya alam serba komplit mulai dari pesisir, pperbukitan, padang rumput, hutan, sampai air terjun sekalipun. Karena pulaunya juga kecil maka tidaklah sulit menjelajahi tiap sudut daerah sehingga Anda bisa mendapatkan semua sensasi seru tersebut.

Rekomendasi Wisata Lombok Bagi Petualang

Sebagian besar traveler akan mencari tempat wisata Destinasi Traveling Lombok yang menarik, menantang atau mungkin jarang dikunjungi wisatawan. Beberapa rekomendasi objek liburan keren dan alami ini bisa Anda masukkan daftar karena akan membuat mata terbelalak dan hati takjub!

1. Gili Trawangan

Siapa pula yang tak kenal atau mengetahui Gili Trawangan, objek wisata Lombok yang menjadi ikon utama bagi wisatawan. Disini selalu saja ramai pengunjung, mulai dari weekend, libur sekolah, lebaran, akhir tahun sampai hari biasa sekalipun. Bahkan banyak turis asing serta para backpakers melakukan perjalanan dan petualangan disini.

Gili Trawangan menawarkan pesona keindahan pesisir berpasir putih serta air laut jernih yang menjadi tempat tinggal berbagai biota laut cantik. Saking beningnya air maka Anda tak perlu menyelam untuk melihat ke bagian dasar lautan dangkal karena terumbu karang serta ikan-ikan kecil berenang dengan bebas.

2. Hitan Sesaot di Lombok Barat

Kalau Anda sudah kelelahan bermain air dan menikmati sinar matahari di Gili Trawangan maka cobalah berkunjung ke Hutan Wisata Sesaot. Lokasinya sendiri berada di wilayah Lombok Barat, tepatnya di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada. Hutan tersebut merupakan kawasan konservasi sehingga dijaga serta dirawat dengan baik oleh pemerintah setempat. Suasana di sekitarnya begitu asri, terdapat aneka macam tumbuhan dan pepohonan rindang yang membuat udara sejuk khas pegunungan.

Kegiatan yang dilakukan disana seperti berjelajah, susur hutan, outbond, berkemah, bersantai, belajar spesies tumbuhan dan hewan, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat sumber mata air yang asalnya dari Gunung Rinjani sehingga bisa diminum langsunng oleh para wisatawan karena masih bersih dan jernih. Kemudian ada pula Suku Sasak asli di Desa Sesaot yang juga menjadi kawasan wisata budaya Lombok.

3. Pantai Senggigi

Jika Anda ingin menikmati suasana pantai dengan pepohonan rindang dan udara lebih sejuk maka dapat berkunjung ke Pantai Senggigi. Untuk mencapai sini maka Anda harus menempuh jarak 50 km dari Pelabuhan Lembar, Kota Lombok. Meskipun sekitarnya masih sangat asri tetapi fasilitas wisatawan termasuk lengkap karena tersedia penginapan, hotel, transportasi, wahana seru, pemandu wisata, sewa alat snorkeling atau diving, dan sebagainya. Di sepanjang pesisirnya terdapat area hijau bak hutan yang luas sehingga dapat digunakan sebagai tempat bersantai sambil merasakan sejuknya udara.

4. Air Terjun Tiu Teja

Siapa bilang di Lombok tak punya dataran tinggi dengan air terjun? Anda dapat mendatangi air terjun Tiu Teja di bagian Lombok Utara. Bahkan wisata ini tergolong masih langka wisatawan karena berada dalam pelosok belantara di lereng Gunung Rinjani. Tiu Teja mempunyai bentuk cantik seperti terdapat dua air terjun dari atas tebing yang dikelilingi oleh tetumbuhan hijau. Agar bisa sampai kemari maka para travelers harus berjelajah hutan terlebih dahulu, melewati medan berkelok-kelok dan agak licin karena lembab. Meskipun agar jauh tetapi rasa lelah akan terbayar lunas karena sepanjang perjalanan Anda dapat menikmati indahnya pemandangan alam liar yang belum rusak karena manusia. Air terjun Tiu Teja sendiri agak jauh dar pusat Kota Mataram, sekitar 60 km atau 2 jam apabila mengendarai angkutan umum.

Bagi pemula dapat menyewa jasa pemandu wisata Lombok dengan harga terjangkau atau mintalah penduduk sekitar untuk menemani Anda. Pastikan selalu mematuhi aturan yang berlaku di daerah tersebut kemudian jaga selalu kebersihan serta kelestarian alam selama berpetualang.